Produk Baby Care dari Zwitsal: Baby Shampoo

Baby Shampoo

Baby Shampoo

Sampo bayi, seperti halnya sabun, merupakan salah satu produk baby care yang penting sejak bayi baru lahir. Beragam pilihan baby shampoo di pasaran seharusnya tidak perlu membuat Anda bingung jika Anda tahu kuncinya yaitu selalu berpatokan pada bahan-bahan alami dan meminimalkan zat kimia.

Hal ini disebabkan karena kepala bayi yang baru lahir masih sangat lembut, sensitif, sekaligus lunak. Permukaan kulit kepala bayi juga masih rentan terhadap kontak dengan zat lain.  Umumnya, pada kepala bayi yang baru lahir terdapat semacam sisik tebal berminyak dengan warna kuning kecoklatan. Anda tidak perlu khawatir karena ini merupakan hal normal.  Umumnya, gangguan kulit ini bisa hilang setelah bayi berusia 8 bulan atau 1 tahun. Namun, sisik tersebut bisa hilang lebih cepat dengan produk baby care yang tepat.

Untuk menghilangkan sisik tersebut, oleskan saja baby oil di permukaan kulit kepala bayi. Oleskan tipis-tipis dan perlahan lalu bersihkan dengan sisir bayi sehingga sisik itu terangkat sedikit demi sedikit. Kemudian, cuci kepala bayi dengan sampo yang lembut. Misalnya produk baby care Zwitsal baby shampoo. Ingat, bayi keramas tidak seperti orang dewas. Mereka hanya butuh sedikit air hangat dan jangan pernah membasuh kepala bayi dengan air secara langsung. Lebih baik, gunakan washlap agar bayi tidak kaget. Rambut bayi juga masih tipis. Jadi tidak perlu menggunakan banyak sampo. Cukup sedikit saja, lalu bersihkan dengan sempurna. Artinya, tidak ada busa tertinggal di permukaan kulit kepala bayi.

Memilih sampo untuk bayi, sama panduannya dengan memilih produk baby care pada umumnya. Yang utama, perhatikan bahan baku sampo bayi dan pilihlah yang aman. Sebagian besar sampo bayi mengandung zat natrium sulfat trideceth. Perhatikan baik-baik, sampo yang mengandung formalin (formaldehyde) ataupun 4-dioxane harus dihindari. Sebab zat ini memacu kanker di kemudian hari. Oleh karena itu, pilihlah sampo yang lolos uji Hypo-Allergenic. Misalnya produk baby care Zwitsal baby shampoo. Sampo ini tidak pedih di mata dan mengandung pelembab alami dari bunga Canola yang lembut. Umumnya, produk-produk baby care dengan tulisan Hypo-Allergenic cenderung aman untuk bayi karena meminimalkan resiko alergi.

Sampo bayi yang tepat juga berarti bebas dari pewangi. Zat pewangi kimia hanya akan menyebabkan iritasi pada kulit bayi, termasuk menjadikan kulit kepala bayi semakin kering. Syarat berikutnya ialah sampo aman untuk digunakan setiap hari. Meski begitu, bayi Anda tak perlu selalu keramas setiap mandi. Bisa saja sekali sehari atau seminggu tiga kali. Efek setiap produk baby care bisa berbeda-beda. Jika anak tetangga sebelah cocok dengan merk tertentu, belum tentu bayi Anda akan merasakan hal serupa. Olehh karena itu, perhatikan efek yang timbul setelah penggunaan sampo bayi misalnya apakah si kecil justru menjadi rewel karena gatal.

Perlu diingat, bayi berusia 3-4 bulan akan mengalami kerontokan. Anda tidak perlu bingung sebab itu berarti rambut bayinya akan diganti dengan rambut tetap (rambut terminal). Tapi Anda patut curiga jika kerontokan terjadi di usia lebih muda. Bisa jadi efek sampo atau bisa juga kepala bayi terlalu sering mengenakan topi.

Jika Anda ingin mencoba merk baru, tanyakan dulu kepada tetangga, teman ataupun kerabat keluarga. Biasanya rekomendasi mereka untuk produk baby care yang baik dan aman, bisa dipercaya. Cari juga informasi sebanyak-banyaknya lewat internet. Tapi pastikan Anda mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s